header-int

PROFIL HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HMPS) MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF

Posted by : Administrator
Share

A. SELAYANG PANDANG

Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) merupakan prodi termuda di tingkat Fakultas Syariah pada tahun 2016. Mengapa demikian karena prodi tersebut merupakan prodi baru.awal mula berdirinya prodi Mazawa yang pada saat itu berada di Fakultas Syariah. Tahun 2016 Mazawa berada di Fakultas Syariah yang bernama ZAWA (Zakat dan Wakaf) yang merupakan angkatan pertama dari prodi itu sendiri dengan jumlah mahasiswa 40 orang pada saat itu. Semester pertama Zawa berada di lingkup Syariah dan mempelajari tentang hukum hukum dan zakat wakaf. Pada saat itu karena merupakan angkatan pertama jadi tidak ada yang namanya HMPS yang menauinginya. satu semester berjalan kami masih di Syariah. Pada tanggal 18 april 2016 Zawa beralih ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang di sahkan oleh Rektor IAIN pada saat itu. Zawa beralih ke Febi dengan tambahan Manajemen. Jadi Mazawa adalah prodi (Manajemen Zakat dan Wakaf).

Pada semester dua Mazawa sudah aktif di Febi dan seterusnya akan di Febi karena sudah merupakan prodi Manajemen dan sudah secara resmi beralih kurikulum ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada saat itu Mazawa masih bisa di bilang mandiri karena masih merintis dari angka nol. Belum ada lembaga yang menaungi prodi tersebut. Akhirnya secara lambat laun ada kesepakatan antara BEM Fakultas Syariah dan BEM Fakultas Febi.

Pada bulan mei awal akhirnya membawa hasil bahwa prodi Mazawa akan ada lembaga HMPS dengan tahap awal yaitu lembaga percobaan. Karena merupakan lembaga intra kampus jadi harus ada kepengurusan di dalamnya untuk diakui bahwa prodi tersebut sudah memiliki wadah yaitu HMPS. Baru perdana dibentuklah lembaga Himpunan  Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf hasil kemufakatan bersama.  Pada tanggal 17 mei 2017 dengan pemilhan ketua umum secara demokrasi yang dimusyawarahkan oleh semua warga Mazawa febi IAIN Jember. Pada saat itu juga ketika musyawarah pemilihan ketua umum di kantor Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut (DPM/I) yang dihadiri oleh BEM Fakultas Syariah dan BEM Fakultas Febi. Sedikit pengantar dari Badan Eksekutif Syariah dan Febi terkait lembaga HMPS dan juga perannya selama kepengurusan dan juga kinerja terkait program maupun roda organisasi. Setelah pengantar selesai, maka tibalah pemilihan ketua umum HMPS Mazawa masa juang 2017/2018 angkatan pertama. Pemilihan sudah selesai, dan pada saat itulah prodi mazawa melahirkan ketua umum hasil kesepakatan, kemufakatan bersama dan seluruh elemen-elemen terpercaya kampus. Secara resmi sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf Masa Juang 2017/2018 yaitu sahabat Zainullah yang berasal dari Kabupaten Pamekasan Jawa Timur. 

Seiring berjalannya waktu setelah terpilihnya ketua maka dibentuklah badan formatur kestrukturan pengurus HMPS mazawa periode 2017-2018 dengan tiga BPH (Badan Pengurus Harian) kabid, sekbid, dan anggota lainnya yang berjumlah 24 orang keseluruhan mulai dari garis konsultasi dan koordinasi. 

Ketika struktural sudah terbentuk tibalah waktunya pengajuan surat keputusan (SK) kepengurusan ke fakultas  FEBI. Untuk mengajukan nama nama yang menjadi kepengurusan  HMPS MAZAWA, pada tanggal 9 juni 2017 SK HMPS MAZAWA resmi diturunkan nomor: B-15/In/2017/PP.00.9/SK/06/2017 yang langsung ditandatangani oleh dekan febi Dr. Moch. Chotib S, Ag.  MM. pada saat itu. Tahap selanjutnya adalah pelantikan atau baiat sumpa janji suci sebagai pengurus lembaga Intra Kampus , penubatan sumpah suci sebagai pengurus di bawah naungan Al-Qur’an kala itu, bahwa menjadi pemimpin adalah amanah dan tanggung jawab yang besar dan tidak boleh ditinggalkan dan dilalaikan dalam situasi dan kondisi apapun. Pada tanggal 28 Agustus 2017 tempat ruang VIP jam 20.00 merupakan hari pelantikan perdana kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, dan sumpah suci yang diucapkan dan yang sudah diemban seluruh kepengurusan HMPS MZW siap menjalankan amanah yang sudah diberikan dan siap mengabdi bagi nusa dan bangsa satu tahun ke depan dan seterusnya.

Demikianlah sejarah awal terbentuknya Himpunan Program Studi (HMPS) Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) setelah melewati babak panjang peresmian lembaga. Tercatat hingga saat ini Prodi Mazawa masih tetap eksis dan telah bertahan kurang lebih 4 tahun. Berangkat dari situ pula struktural kepengurusan HMPS Mazawa terus beregenerasi dengan format pemilihan yang tidak jauh berbeda dan tentunya berasas demokrasi. Setelah berakhirnya masa jabatan Zainullah ditahun 2017/2018, Moch. Latifurrahman resmi terpilih menjadi ketua pada periode selanjutnya yaitu 2018/2019. Noval Andika resmi menjabat sebagai ketua HMPS Mazawa pada periode 2019/2020. Saat ini  sudah memasuki angkatan ket empat, yaitu yang harus mengemban amanah itu kepengurusan HMPS angkatan 2019, yang dinahkodai oleh Miftahus Surur.

B. VISI DAN MISI

Visi:
Menjadikan HMPS MAZAWA sebagai Himpunan yang Interaktif dan Inovatif baik pada Mahasiswa ataupun pada pengurus agar bersinergi menciptakan Inovasi

Misi:

  1. Meningkatkan peran HMPS sebagai wadah aspirasi yang solutif dan responsif untuk kesejahteraan Mahasiswa MAZAWA.
  2. Membangun relasi yang berkelanjutan antara internal dan eksternal demi menciptakan hubungan yang harmonis
  3. Membangun kerja sama antar lembaga zakat guna meningkatkan SDM yang ahli dalam bidang zakat
  4. Bersinergi dan loyalitas untuk menciptakan inovasi.

C. KETUA UMUM HMPS MAZAWA IAIN JEMBER

Periode 20/21 
Ketua Umum    : Miftahus Surur 
Wakil Ketum      : Muhamad Ingsul

Periode 19/20
Ketua Umum     : Noval Andika R.F.
Wakil Ketum      : Tajdid Hasan

Periode 18/19
Ketua Umum     : Moh. Latifurrahman
Wakil Ketum      : Yusril Firmansyah

Periode 17/18
Ketua Umum     : Zainullah
Wakil Ketum      : Firdausi Jinanil F

D. STRUKTUR KEPENGURUSAN HMPS MAZAWA MASA JUANG 2020/2021

Pelindung                 : Dr. Khamdan Rifa’I S.E., M.Si.
Penasehat                : Muhammad Saiful Anam, M.Ag
Kaprodi MZW           : M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I
Ketua Umum            : Miftahus Surur
Wakil Ketua Umum  : Muhamad Ingsul 
Sekretaris Umum     : Musa
Bendahara Umum    : Fina Fathiya Salsabila

Departemen  Keilmuan
Kepala Departemen       : Munadiyah
Sekretaris Departemen  : Gita Pamuji
Anggota                          : Muchammad Masrur Widat
                                        : Khoirun Nisa’

Departemen Kominfo
Kepala Departemen         : Aisyah Erlin Nafisah
Sekretaris Departemen    : Diah Elok Nuraini
Anggota                            : Moh Misbahul Anam
                                         : Abdul Ghafur

Departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia)
Kepala Departemen         : M Zainul Rifqian
Sekretaris Departemen    : Alief Yusril
Anggota                            : Imam Syafi’i
                                         : Muhammad Isbad Ramdani
                                         : Ivandi Ilham Syafatullah
                                         : Muhammad Toriqul Huda

Departemen Kewirausahaan
Kepala Departemen         : Yunita Lia
Sekretaris Departemen    : Tyas Elsa Endar Puspita
Anggota                            : Izzul Nur Afifah
                                         : Nabilur Rohman

E. LOGO DAN FILOSOFINYA

Makna Logo HMPS MAZAWA IAIN Jember
Lingkaran  : Sesuatu yang menjadi pengikat atau penyatu
Logo IAIN  : Bukti kecintaan dan kepemilikan ( Naungan )
2 Bintang   : Penerang yang berdasarkan ajaran islam yakni allah dan rosulullah
Ungu          : Sebagai identitas atau karakter FEBI
Putih          : Kesucian hati dan jiwa
Biru            : Layaknya langit biru yang tinggi dengan harapan supaya MZW tetap maju dan berkembang dengan cita-cita yang tinggi.

F. PRESTASI

  • Juara III Lomba Ekonomi Kreatif Febi Talento IAIN JEMBER 2017
  • Juara III Fotografi INAGURASI IAIN JEMBER 2018
  • Juara I Fotografi Antar Mahasiswa IAIN JEMBER 2019
  • Juara I Badminton Tunggal Putra FEBI Cup IAIN JEMBER 2019
  • Juara I Tenis Meja Tunggal Putra FEBI Cup IAIN JEMBER 2019
  • Juara III Tenis Meja Tunggal Putra FEBI Cup IAIN JEMBER 2019
  • Juara I Catur FEBI Cup IAIN JEMBER 2019


G. MEDIA SOSIAL 

IG              : @HmpsMazawa_Iainjbr
FB             : HMPS Mazawa IAIN JEMBER
EMAIL       : hmpsmazawauinkhasjbr@gmail.com
WEBSITE : Hmpsmazawa-iainjbr.co.id

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube