febi@uinkhas.ac.id 08123456789

PROFIL HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HMPS) AKUNTANSI SYARIAH

Home >Halaman >PROFIL HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HMPS) AKUNTANSI SYARIAH

PROFIL HMPS AKUNTANSI SYARIAH

A. LATAR BELAKANG

Pada tahun 2015 IAIN Jember membuka beberapa Program Studi baru bersamaan dengan pengalihan status dari STAIN Jember ke IAIN Jember yang menuntut adanya lebih banyak lagi Program Studi (Prodi), salah satu Prodi baru tersebut yaitu Akuntansi Syariah yang dinaungi oleh Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, pada tahun 2015 ini merupakan angkatan pertama Prodi Akuntansi Syariah.

Setahun berlalu angkatan pertama Akuntansi Syariah ingin mengadakan acara yang bertajub “MAKRAB” untuk angkatan 2016, dan merupakan acara yang digagas pertama kali oleh Prodi Akuntansi Syariah yang kemudian banyak ditiru oleh Prodi lain di IAIN Jember. Namun untuk mengadakan makrab harus terbentuk HMPS, untuk membentuk HMPS ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu minimal membuat satu acara resmi. Sebelum HMPS AKS terbentuk, Sahabat Emron Sayuti selaku Ketua Senat Mahasiswa-FEBI (SEMA-FEBI) menggagas masa percobaan pembentukan HMPS AKS selama 3 bulan untuk menentukan kelayakan berdirinya sebuah Organisasi HMPS AKS, kemudian pada tanggal 20 Desember 2016 dilantik 16 orang kepengurusan masa percobaan HMPS AKS yang di Koordinatori oleh Sahabat Hormayanto dan dilantik oleh Sahabat Ahmad Hazin selaku Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa-FEBI (DEMA-FEBI)

Selama masa percobaan tersebut HMPS AKS sukses mengadakan beberapa kegiatan yaitu Malam Keakraban (MAKRAB) dan Workshop Metodologi Penelitian sehingga tepatnya pada tanggal 6 April 2017 Surat Keputusan (SK) HMPS AKS turun yang menandakan HMPS AKS sudah resmi terbentuk secara independen/definitif. Sebelumnya HMPS AKS pada tanggal 1 April 2017 telah mengikuti Seminar dan Pelatihan HMPS baru yang diadakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa-Institut (DEMA-I) yang bertempat di Aula PCNU Jember bersamaan dengan HMPS Prodi baru lainnya yang memang pada saat itu banyak Prodi baru di IAIN Jember yang belum ada HMPSnya.

Setelah kepengurusan HMPS AKS periode pertama berakhir dilakukanlah Pesta Demokrasi untuk menentukan kepemimpinan selanjutnya di HMPS AKS pada tanggal 3 April 2018, dimana yang mencalonkan menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua HMPS AKS ada 3 pasangan calon dan yang terpilih pada saat itu ialah Sahabat Suwito dan Sahabat Moh. Naufal sebagai Mandataris Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum HMPS AKS periode 2018/2019 yang kemudian merekrut kepengurusan bersama tim Badan Formatur dan memilih total 30 orang pengurus HMPS AKS periode 2018/2019, yang diambil dari warga AKS angkatan 2016 dan angkatan 2017. Kepengurusan ini selanjutnya dilantik oleh BEM-FEBI  pada tanggal 2 Mei 2018.

Pada tahun 2019 ketua HMPS AKS yaitu di pimpin oleh sodara ubaidzil Ulum dan M. Ghufron. Dimana masa jabatannya yaitu dari 2019-2020. Pada saat itu merupakan saat pertama kali adanya covid 19 sehingga dari adanya kegiatan kepengurusan yang dilaksanakan offline beralih dilaksanakan online semua.

Pada tahun 2021, ketua HMPS AKS Diki Rosikin dan Ahsanul Kholiqin masa juang 2021-2022,  pada masa ini dilaksanakan acara FORMAKSI (Forum Mahasiswa Akuntansi Syariah Se-Indonesia) di IAIN/UIN khas Jember yang menjadi tuan rumah dan menetapkan Diki Rosikin sebagai Presiden Formaksi Terpilih pada saat itu. Namun pada masa ini adanya kemoloran pelengseran jabatan hingga bulan Juni 2022.

Pada tahun 2022, ketua HMPS AKS Alfa Syah Barra dan Ahmad Saiful Ifan Saputra Periode 2022-2023, pada periode ini dilaksanakan acara SAF (Sharia Accounting Fair) dan RAKERNAS FORMAKSI (Forum Mahasiswa Akuntansi Syariah Se-Indonesia) yang kemudian HMPS AKS UIN KHAS Jember kembali menjadi tuan rumah. Pada saat itu closing SAF (Sharia Accounting Fair) dibuat sangat meriah hingga mendatangkan Artis Lokal dan Artis Jawa Timur sehingga terdapat banyak mahasiswa yg datang pada saat closing SAF tersebut baik mahasiswa dari dalam kampus maupun luar UIN KHAS Jember. Di masa Periode ini juga membawa inovasi dan terobosan baru yaitu adanya MoA (Magazine Of Accounting) yang pertama kali di launcing pada saat Opening Makrab Akuntansi Syariah.

Hingga tibalah tahun 2023, tepatnya pada tanggal 06 Mei 2023 dilantiklah pengurus HMPS AKS periode 2023/2024 yang dipimpin oleh Moh Abil Mawahib dan Muhammad Ghufron Firdaus yang beranggotakan 36 orang kepengurusan.

 

B. VISI DAN MISI

      Visi: Mewujudkan HMPS Akuntansi Syariah yang Responsif, Inovatif dan Profesional

      Misi:

  1. Berperan Aktif dalam segala bentuk kegiatan guna terciptanya mahasiswa aks yang aktif dan Kolaboratif
  2. Menjadikan HMPS AKS sebagai wadah Mahasiswa AKS dalam mengembangkan potensi dan memiliki daya saing dibidang akademik maupun non Akademik
  3. Mengembangkan Jejaring kerjasama dan komunikasi antar lembaga dibawah naungan RM UIN KHAS Jember

 

C. Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum HMPS AKS UIN KHAS Jember per-periode sebagai berikut:

No.

Nama

Prodi /Fakultas

Masa Jabatan

Ketua

Wakil Ketua

1.

Hormayanto

Wildan Dwi Zainur Rezza

AKUNTANSI SYARIAH/ FEBI

2016-2017

2.

Suwito

Moh. Naufal

AKUNTANSI SYARIAH/ FEBI

2017-2019

3.

Ubaidillah Muizzi Ulum

M. Ghufron Ardiansyah

AKUNTANSI SYARIAH/ FEBI

2019-2020

4.

Diki Rosikin

Ahsanul Kholiqin

AKUNTANSI SYARIAH/ FEBI

2021-2022

5.

Alfa Syah Barra Afsil M

Ahmad Saiful Ifan S

AKUNTANSI SYARIAH/ FEBI

2022-2023

6.

Moh Abil Mawahib

Muhammad Ghufron Firdaus

AKUNTANSI SYARIAH/FEBI

2023-2024

 

D. STRUKTUR KEPENGURUSAN HMPS AKS MASA JUANG 2023/2024

Pelindung                  : Prof. Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si.

Penasehat                   : Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I.

Kaprodi AKS              : Dr. Nur Ika Mauliyah, M.Ak

PENGURUS HMPS AKS MASA JUANG 2022/2023

NO

NAMA

JABATAN

1

MOH ABIL MAWAHIB

KETUA UMUM

2

MUHAMMAD GHUFRON FIRDAUS

WAKIL KETUA UMUM

3

FARID DIANTO

SEKRETARIS UMUM

4

KHARISMA CANDRANING PANGASTUTI

BENDAHARA UMUM

5

MOHAMMAD YUNUS

KABID I NETWORK

6

SEPTIAN EKA FITRIANI

SEKBID I NETWORK

7

INTAN WIDI ASTUTIK

CO DPD

8

ZAENI EFENDI        

STAF AHLI DPD

9

M. ILHAM ROBBANI

STAF AHLI DPD

10

M. AFIF ZAMRONI

STAF AHLI DPD

11

ROBICHATUN NABILA

STAF AHLI DPD

12

SAFINA ULFI MAULIDA

CO DPR

13

JULIAN ADI WIJAYA

STAF AHLI DPR

14

MOH. TEGAR ALAUDIN

STAF AHLI DPR

15

RAHMAT TAUFIQUR RAHMAN

STAF AHLI DPR

16

DINDI NUR SAFITRI

STAF AHLI DPR

17

KHOIRUL UMAM

KABID II INTELEKTUAL

18

FITRI ANGGRAENI

SEKBID II INTELEKTUAL

19

WARGA BAROKA SUGIARTO

CO DEG

20

MAKKIYAH

STAF AHLI DEG

21

INTAN SILIFUSTI

STAF AHLI DEG

22

DEVI AYU UMAMI

STAF AHLI DEG

23

RONI PERMANA PUTRA

CO DRA

24

ISTBAT UBAYDILLAH

STAF AHLI DRA

25

LUTFIYANTO

STAF AHLI DRA

26

SITI ZUBAIDAH

STAF AHLI DRA

27

FERI FIRMANSYAH

KABID III SKILL AND DEVELOPMENT

28

SALSABILA NAFA ABYUDAYA

SEKBID III

29

MOH ALUNG PRAYOGI

CO DSA

30

M UBAIDILLAH

STAF AHLI DSA

31

MOH WILDAN SYA’RONI

STAF AHLI DSA

32

MOH AFRIZAL MAULANA

STAF AHLI DSA

33

INTAN FITRIANI

CO DE

34

WILYA AININ AZIZAH

STAF AHLI DE

35

FITROTUL AZIZAH

STAF AHLI DE

36

SINDI KHOLIPAH

STAF AHLI DE

 

E. FILOSOFI LOGO

  • DAUN : Melambangkan warga Akuntansi yang mampu beradaptasi dalam segala hal dan mampu mengikuti perkembangan zaman.
  • PEMBUKUAN : Melambangkan sebuah pencatatan laporan keuangan yang konkrit, artinya warga Akuntansi harus mampu menyajikan laporan keuangan yang bersifat empiris dan konkrit.
  • PENA : Pena yang menunjuk ke arah buku melambangkan warga Akuntansi yang konsisten dan fokus dalam mewujudkan generasi muda yang cerdas.
  • MANUSIA dan TUGU : Melambangkan warga Akuntansi yang memiliki pendirian yang teguh dan tidak mudah dipengaruhi oleh pihak manapun
  • OBOR :  Melambangkan semangat warga Akuntansi yang selalu membara
  • TIMBANGAN : Melambangkan bahwa di dalam akuntansi harus memprioritaskan Keadilan dan dalam laporan keuangan yang disajikan haruslah balance.
  • 4 BINTANG : Melambangkan 4 Standar Acuan Akuntansi yang diterbitkan oleh Dewan Standar Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI).
  • Logo UIN KHAS Jember : Melambangkan Identitas Organisasi HMPS Akuntansi Syariah berada dibawah naungan Republik Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
  • WARNA UNGU : Warna ungu pada lingkaran memiliki makna kekuatan dan religiusitas. Yang berarti kekuatan yang sangat besar yang dimiliki oleh Pengurus HMPS Akuntansi Syariah dalam mengemban amanah yang telah diberikan diiringi dengan jiwa religius yang kuat.
  • WARNA KUNING : Warna Kuning pada background memiliki makna kejujuran dan ketulusan yang mendasari Pengurus HMPS Akuntansi Syariah dalam melaksanakan program kerja.
  • WARNA HIJAU : Warna Hijau pada daun memiliki makna Keharmonisan yang sangat kuat di dalam Pengurus HMPS Akuntansi Syariah dan warna Hijau juga memiliki arti Keseimbangan yang berarti di dalam Akuntansi penyajian laporan keuangan harus balance (seimbang).
  • WARNA BIRU : Warna Biru pada bulatan diatas Tugu memiliki makna kecerdasan. Yang berarti manusia adalah makhluk yang paling cerdas.

F. MEDIA SOSIAL LEMBAGA

  • IG : @hmpsaks.uinkhasjember
  • FB : HMPS AKUNTANSI SYARIAH
  • EMAIL : aksuinkhasjember@gmail.com  
  • Youtube : HmpsAksUinkhas
  • TIK TOK : HMPS AKS UIN KHAS JEMBER

 

Berita Terbaru

IKHTIAR FEBI UIN KHAS JEMBER DALAM RAKERPIM
28 Feb 2024By wadek3
Relawan Pajak Beraksi
26 Feb 2024By wadek3
AKHIRI RAKERPIM DENGAN PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS
23 Feb 2024By wadek3

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;