header-int

PROFIL HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HMPS) AKUNTANSI SYARIAH

Posted by : Administrator
Share

A. SELAYANG PANDANG

Pada tahun 2015 IAIN Jember membuka beberapa Program Studi baru bersamaan dengan pengalihan status dari STAIN Jember ke IAIN Jember yang menuntut adanya lebih banyak lagi Program Studi (Prodi), salah satu Prodi baru tersebut yaitu Akuntansi Syariah yang dinaungi oleh Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, pada tahun 2015 ini merupakan angkatan pertama Prodi Akuntansi Syariah.

Setahun berlalu angkatan pertama Akuntansi Syariah ingin mengadakan acara yang bertajub “MAKRAB” untuk angkatan 2016, dan merupakan acara yang digagas pertama kali oleh Prodi Akuntansi Syariah yang kemudian banyak ditiru oleh Prodi lain di IAIN Jember. Namun untuk mengadakan makrab harus terbentuk HMPS, untuk membentuk HMPS ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu minimal membuat satu acara resmi. Sebelum HMPS AKS terbentuk, Sahabat Emron Sayuti selaku Ketua Senat Mahasiswa-FEBI (SEMA-FEBI) istilah sekarang Dewan Perwakilan Mahasiswa-FEBI (DPM-FEBI) menggagas masa percobaan pembentukan HMPS AKS selama 3 bulan untuk menentukan kelayakan berdirinya sebuah Organisasi HMPS AKS, kemudian pada tanggal 20 Desember 2016 dilantik 16 orang kepengurusan masa percobaan HMPS AKS yang di Koordinatori oleh Sahabat Hormayanto dan dilantik oleh Sahabat Ahmad Hazin selaku Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa-FEBI (DEMA-FEBI) pada waktu itu, sekarang bernama Badan Eksekutif Mahasiswa-FEBI (BEM-FEBI).      

Selama masa percobaan tersebut HMPS AKS sukses mengadakan beberapa kegiatan yaitu Malam Keakraban (MAKRAB) dan Workshop Metodologi Penelitian sehingga tepatnya pada tanggal 6 April 2017 Surat Keputusan (SK) HMPS AKS turun yang menandakan HMPS AKS sudah resmi terbentuk secara independen/definitif. Sebelumnya HMPS AKS pada tanggal 1 April 2017 telah mengikuti Seminar dan Pelatihan HMPS baru yang diadakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa-Institut (DEMA-I) pada saat itu yang sekarang bernama Badan Eksekutif Mahasiswa-Institut (BEM-I) yang bertempat di Aula PCNU Jember bersamaan dengan HMPS Prodi baru lainnya yang memang pada saat itu banyak Prodi baru di IAIN Jember yang belum ada HMPSnya.

Setelah kepengurusan HMPS AKS periode pertama berakhir dilakukanlah Pesta Demokrasi untuk menentukan kepemimpinan selanjutnya di HMPS AKS pada tanggal 3 April 2018, dimana yang mencalonkan menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua HMPS AKS ada 3 pasangan calon dan yang terpilih pada saat itu ialah Sahabat Suwito dan Sahabat Moh. Naufal sebagai Mandataris Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum HMPS AKS periode 2018/2019 yang kemudian merekrut kepengurusan bersama tim Badan Formatur dan memilih total 30 orang pengurus HMPS AKS periode 2018/2019, yang diambil dari warga AKS angkatan 2016 dan angkatan 2017. Kepengurusan ini selanjutnya dilantik oleh BEM-FEBI pada tanggal 2 Mei 2018.

B. VISI DAN MISI 
Visi : 
Aktif inovatif dan produktif menuju HMPS AKS yang progresif 
Misi :

  1. Mengembangkan ide kreatif warga akuntansi syariah untuk meningkatkan kapasitas keilmuan dibidang akuntansi. 
  2. Meningkatkan sinergisitas antar warga dengan asas kekeluargaan. 
  3. Membangun relasi dengan pihak internal  maupun eksternal kampus 
  4. Optimalisasi hard skill dan sof skil warga dalam ranah akademik maupun non akademik 
  5. Menanamkan nilai profesionalitas, moralitas dan integritas dalam internal HMPS.

C. KETUA UMUM DAN WAKIL KETUA UMUM HMPS AKS IAIN JEMBER

D. STRUKTUR KEPENGURUSAN HMPS AKS MASA JUANG 2020-SEKARANG

E. LOGO DAN FILOSOFINYA

Makna Logo HMPS AKS IAIN Jember

Logo atau lambang tersebut mengartikan bahwa seorang Akuntan adalah orang yang memberikan bukti kebenaran dengan catatan ke seluruh ummat yang dilakukan dengan tanpa ada manipulasi atau kepentingan lain selain memberikan informasi yang sebenar-benarnya.

F. PRESTASI

  • Juara 3 Parade Band Inaugurasi2017
  • Juara 1 Lomba Fashion Show Inaugursi 2015
  • Juara 1 Paduan Suara Inaugurasi 2015
  • HMPS Terbaik Periode 2018/2019
  • Juara 3 Badminton Kategori Tunggal Putra FEBI CUP 2019/2020
  • Juara 3 Badminton Kategori Tunggal Putra FEBI CUP 2019/2020
  • Juara 2 National News Reading Competition 2021
  • Juara Harapan 1 Debat Ekonomi IAIN Tulungagung 2019

G. MEDIA SOSIAL 

IG           : @hmpaksuin.khasjember
FB          : HMPS AKUNTANSI SYARIAH
EMAIL    : hmpaksiainjember@gmail.com
Youtube  : HmpsAksUinkhas

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube