febi@uinkhas.ac.id 08123456789

WORKSHOP PENINGKATAN MUTU DI FEBI UIN KHAS BAHAS PENTINGNYA SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI MAHASISWA

Home >Berita >WORKSHOP PENINGKATAN MUTU DI FEBI UIN KHAS BAHAS PENTINGNYA SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI MAHASISWA
Diposting : Jumat, 12 Jul 2024, 14:30:44 | Dilihat : 109 kali
WORKSHOP PENINGKATAN MUTU DI FEBI UIN KHAS BAHAS PENTINGNYA SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI MAHASISWA


Jember, 12 Juli 2024 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengadakan peningkatan mutu bertema "Pentingnya Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi dalam Rangka Penjaminan Mutu dan Kualitas Hasil Pendidikan" di Aula FEBI. Acara ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen, dan mahasiswa FEBI.

Workshop ini dihadiri langsung oleh Muhammad Nur Hayid, Anggota Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sebagai pembicara, dengan Muhammad Fauzinudin, M.H.I., Dosen FEBI, sebagai moderator. Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si., Wakil Dekan I FEBI, menyampaikan sambutan, dengan menekankan pentingnya peran BNSP dalam menjamin kompetensi mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja. Hal ini sejalan dengan tujuan FEBI untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan SDM yang unggul.

Materi yang disampaikan Muhammad Nur Hayid berjudul "Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa". Ia menyoroti pentingnya pembentukan lembaga sertifikasi profesi (LSP) di UIN KHAS hal ini untuk membekali alumni dengan kompetensi yang terstandar dan dapat disertakan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Sertifikasi kompetensi juga dapat menunjukkan kesiapan mahasiswa untuk bekerja. Nur Hayid juga membahas tren keberlanjutan (sustainability) yang mendatangkan peluang kerja baru, atau green jobs, dan berbagi pengalamannya dalam karier, serta memberikan motivasi kepada mahasiswa.

Workshop ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama tentang pentingnya sertifikasi kompetensi, tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga bagi pimpinan universitas dan fakultas. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu FEBI UIN KHAS Jember mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di pasar kerja.

;