febi@uinkhas.ac.id 08123456789

TUTUP RAKOREV FEBI 2024, DEKAN: TETAP BERJUANG UNTUK DASA CITA DAN PANCA CITA

Home >Berita >TUTUP RAKOREV FEBI 2024, DEKAN: TETAP BERJUANG UNTUK DASA CITA DAN PANCA CITA
Diposting : Sabtu, 18 May 2024, 18:32:02 | Dilihat : 186 kali
TUTUP RAKOREV FEBI 2024, DEKAN: TETAP BERJUANG UNTUK DASA CITA DAN PANCA CITA


Bondowoso, 18 Mei 2024 - Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kurikulum (Rakorev) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember resmi ditutup pada Sabtu, 18 Mei 2024, di Hotel Grand Padis, Bondowoso. Acara yang bertajuk "Focus Group Discussion Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE)" ini telah berlangsung sejak 16 Mei 2024.

Di hari kedua, kegiatan diisi dengan pemaparan materi oleh pembicara. Dr. Yulia Indrawati, S.E., M.Si., dari Universitas Jember (UNEJ), membawakan materi tentang "Strategi Penyusunan Rencana Operasional dan Renstra dalam Mewujudkan Visi Misi Fakultas". Kemudian Dr. Eng. Raden Darmawan, S.T., M.T., dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memaparkan tentang "Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE". Sesi ini menjadi ajang diskusi dan berbagi pengalaman dari kampus kedua pembicara tersebut.

Setelah materi, seluruh peserta dibagi menjadi tiga komisi. Komisi Satu membahas Visi Misi, Rencana Induk Pengembangan (RIP), dan Rencana Strategis (Renstra). Komisi Dua fokus pada penyusunan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) 2024 FEBI UIN KHAS Jember pada empat prodi yaitu Prodi Akuntansi Syariah, Prodi Perbankan Syariah, Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf. Komisi Tiga menggarap buku pedoman fakultas. Semua komisi ini bekerja intensif hingga hari terakhir Rakorev.

Di hari terakhir, setelah dilakukan sidang pleno, agenda Rakorev ini kemudian ditutup dengan closing ceremony. Diawali laporan Ketua Panitia sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S,Sos, M.Si kemudian dilanjutkan oleh Dekan FEBI UIN KHAS Jember, Dr. H. Ubaidillah, M.Ag. Dalam sambutannya, Dekan mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang terlibat. "Saya sangat menghargai dedikasi dan kerja keras seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang telah berkontribusi dalam Rakorev ini. Mari tetap berjuang dalam satu barisan mengantarkan FEBI mewujudkan Dasa Cita dan Panca Cita" ujarnya.

Penutupan Rakorev diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama FEBI, Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si., yang berharap agar segala usaha dan kerja keras yang telah dilakukan selama Rakorev ini membawa keberkahan dan kemajuan bagi FEBI UIN KHAS Jember.

Momen ini juga menjadi ajang untuk menguatkan tali silaturahmi antara dosen dan tendik di lingkungan FEBI. Dengan berakhirnya Rakorev ini, diharapkan FEBI UIN KHAS Jember dapat lebih siap dan tangguh dalam menghadapi tantangan pendidikan tinggi di era globalisasi, serta mampu mengimplementasikan kurikulum berbasis OBE yang relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman.

;