febi@uinkhas.ac.id 08123456789

SEKOLAH MANAJEMEN MASJID ANGKATAN KE-4

Home >Berita >SEKOLAH MANAJEMEN MASJID ANGKATAN KE-4
Diposting : Rabu, 10 Apr 2019, 14:51:02 | Dilihat : 752 kali
SEKOLAH MANAJEMEN MASJID ANGKATAN KE-4


Untuk lebih meningkatkan layanan bagi jamaah masjid, serta menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN bekerja sama dengan Yayasan Dana Sosial al-Falah (YSDF) Jember mengadakan kegiatan Sekolah Manajemen Masjid (SMM) Angkatan ke-4 bagi pengelola masjid. Kegiatan SMM tahun 2019 ini diperluas bagi pengurus takmir masjid dari 3 kabupaten, meliputi Kabupaten Jember, Bondowoso dan Situbondo, terdiri dari 71 masjid dengan total peserta berjumlah 210 orang. Mahasiswa prodi Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Jember terlibat aktif bersama dengan Tim YDSF Jember, membantu terselengaranya kegiatan ini agar dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan yang berlangsung pada 30-31 Maret dan 7 April 2019 ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Terpadu IAIN Jember, dan Masjid Baburahma SD al-Furqan Jember bagi peserta yang berasal dari Jember. Sedangkan peserta dari Bondowoso dan Situbondo berlokasi di AULA Universitas Abdurrahman Saleh Situbondo.

Dalam pembukaan kegiatan SMM (30/04/2019), Bapak Deky Zulkarnain, pimpinan YDSF menyampaikan, “Kegiatan SMM angkatan ke-4 ini dilaksanakan, karena melihat kegiatan SMM sebelumnya cukup berhasil, sementara masih banyak masjid yang membutuhkan. Untuk itu Sekolah Manajemen Masjid kami adakan kembali.” Sementara M.F. Hidayatullah, M.S.I., Ketua Jurusan Ekonomi Islam mewakili Dekan FEBI IAIN Jember, dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi atas kembali diadakannya kegiatan SMM ini. “Bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember kegiatan SMM ini sangat penting untuk pengembangan masjid kembali menjadi pusat kegiatan masyarakat. Keberadaan masjid mestinya dapat menjadi solusi bagi berbagai problem kemasyarakatan, tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga pemberdayaan ekonomi. Kami ikut senang dan mendukung kegiatan ini dapat kembali dilaksanakan.“ Pada saat pembukaan SMM yang dihadiri dari pihak Kementerian Agama Kabupaten Jember dan Kementerian Agama Kabupaten Jember Situbondo, dilangsungkan juga penandatangan kerjasama antara FEBI IAIN Jember, YDSF Jember dengan para takmir masjid peserta SMM.

Dipaparkan oleh Dr. H. Sutrisno, salah satu pemateri, bahwa masjid semestinya dapat memberi solusi berbagai problem ummat, sebagai pusat kegiatan masyarakat, seperti pada masa Rasulullah. Untuk menjadi pusat kegiatan masyarakat pengelola masjid (takmir masjid) perlu berbenah, dengan meningkatkan pelayanan bagi jamaah.

Para pemateri dalam SMM ini di antaranya: Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I., Dr. Sutrisno Rs, M.F. Hidayatullah, M.S.I, Nur Hidayat, M. Si., (Dosen IAIN Jember), Tim dari Takmir Masjid Jogokaryan Yogyakarta, Bapak Boby Siswara (The General Manajer of ASTON Jember Hotel), Ust. H. Agus Salim, S. Pd. I dan Tim dari ACE Hardware Jember. Sedangkan dari Kemenag hadir Kemenag Situbondo, Bapak Drs. Athok Ilah, M. Pd dan Bapak Bustomi (mewakili kemenag Jember). Dengan kolaborasi pemateri bidang manajemen masjid serta praktisi, diharapkan SMM akan dapat lebih aplikatif sehingga dapat benar-benar meningkatkan layanan takmir masjid bagi jamaah masjid. Dalam SMM ini tidak hanya dipaparkan teori manajemen masjid, namun juga sampai hal teknis, seperti praktik merawat karpet, membersihkan tempat wudhu dan kamar mandi, pemberdayaan ekonomi jamaah masjid, hingga menangani jamaah yang komplain, dll. Dengan Sekolah Manajemen Masjid, diharapkan para Takmir Masjid se Kabupaten Jember, Bondowoso dan Situbondo, dapat mengelola dan memberikan pelayanan kepada jamaahnya secara lebih baik, sehingga jamaah masjid juga semakin nyaman dan meningkat. (mfh)

;