febi@uinkhas.ac.id 08123456789

Rapat Evaluasi Pembelajaran Semester Ganjil TA. 2023/2024 dan Persiapan Semester Genap di FEBI UIN KHAS Jember

Home >Berita >Rapat Evaluasi Pembelajaran Semester Ganjil TA. 2023/2024 dan Persiapan Semester Genap di FEBI UIN KHAS Jember
Diposting : Senin, 12 Feb 2024, 13:00:10 | Dilihat : 312 kali
Rapat Evaluasi Pembelajaran Semester Ganjil TA. 2023/2024 dan Persiapan Semester Genap di FEBI UIN KHAS Jember


Jember, 10/2 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) KHAS Jember menggelar rapat evaluasi untuk membahas hasil pembelajaran semester ganjil tahun akademik 2023/2024 dan persiapan untuk menyambut semester genap.

Rapat yang diadakan secara daring dan luring tersebut dihadiri oleh para Wakil Rektor, Kabiro AUPK, Pimpinan FEBI, seluruh dosen dan staf administrasi FEBI UIN KHAS Jember. Dalam rapat tersebut, dibahas evaluasi berbagai aspek pembelajaran seperti kinerja dosen, metode pengajaran, materi perkuliahan, pembimbingan skripsi, perwalian akademik mahasiswa dan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran.

Rapat diawali dengan sambutan Dekan Febi UIN Khas Jember, Dr. H. Ubaidillah, M.Ag. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Wakil Rektor I , Prof. Dr. Khusna Amal, M.Ag sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I ini menyampaikan pesan Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag.,MM yaitu tentang etika dosen, ketertiban dosen, lalu lintas kendaraan mahasiswa tolong diperhatikan dan mahasiswa diingatkan untuk menjaga sarana prasarana.

Prof Amal juga menekankan pentingnya inovasi dalam pembelajaran, persiapan materi yang matang sebelum perkuliahan, dosen menyertakan referensi mutakhir untuk perkuliahan terutama jurnal penelitian dan pengabdian, dosen bisa menggunakan metode project based learning agar mahasiswa lebih aktif, dosen mengikuti perkembangan jaman seperti Artificial intelligent dan lain-lain.

Dekan FEBI UIN KHAS Jember, Dr. H. Ubaidillah, M.Ag , mengungkapkan Panca Cita FEBI UIN Khas Jember sebagai penjabaran dari Dasa Cita UIN KHAS Jember dalam rangka menjadikan FEBI fakultas yang unggul. Rencana pekuliahan semester genap akan dilaksanakan secara luring dan daring dengan persentase 80% luring dan 20% daring. Tolong diperhatikan dan dilihat sisternya bapak ibu dosen. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan itu terkait RPS berbasis OBE sesuai dengan template dari universitas. RPS itu adalah janji kita ke mahasiswa, jadi harus sesuai dengan janji, ujarnya.

“Tolong diperhatikan dan dilihat sisternya bapak ibu dosen. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan itu terkait RPS berbasis OBE sesuai dengan template dari universitas. RPS itu adalah janji kita ke mahasiswa, jadi harus sesuai dengan janji. FEBI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran di FEBI UIN KHAS Jember,” tambah Dr. Ubaidillah.

Acara pembukaan kemudian ditutup dengan doa Kabiro AUPK, Dr. Nawawi, M.Fil.

Sesi Tanya Jawab

Acara kemudian dilanjutkan dengan evaluasi dan tanya jawab dengan seluruh Dosen. Evaluasi dipimpin langsung oleh Dekan Febi UIN KHAS Jember. Banyak masukan yang disampaikan oleh para dosen dalam pertemuan ini.

Dr. Khairunnisa Musari, ST, MT mengusulkan agar dibuatkan aturan jobdesc saat ujian skripsi, aturabn kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa yang bisa menempatkan dosen sbg penulis pertama, permasalahan mahasiswa yang tiba-tiba minta dibimbing skripsinya, aturan mengenai setoran hafalan surat pendek

Agung Pramono, SE, M.Si, Dosen Akuntasi Perbankan Syariah mengusulkan ke depan, ketika distribusi mata kuliah mohon diperhatikan vaknya, akuntansi perbankan syariah sebaiknya ada pengantar akuntansi sebagai prasyarat, seharusnya ada forum DPA lanjutan untuk mendiskusikan masalah perwalian akademik.

Nur Hidayat, SE., M.E. menyampaikan beberapa hal yaitu sistem pelaksanaan kuliah online dan offline, arah penelitian masing-masing prodi, dan diskusi periodik sebaiknya dijadwalkan per dosen bukan hanya utk kenaikan pangkat.

Muzayyin,S.E.I, M.E., menyampaikan operasional sister banyak yang masih belum paham, maka diusulkan dibuatkan modulnya, ujian komprehensif yg terlambat hingga harus bayar UKT lagi, web jangan asal terisi.

Diakhir pertemuan Dekan FEBI menyampaikan, “Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kritik saran dan masukan dari semua dosen karena kami tidak ada apanya tanpa bapak ibu semua. Kalau Perlu harus lebih menonjok lagi masukannya agar segera ditindaklanjuti”, tukasnya.

Rapat evaluasi ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di FEBI UIN KHAS Jember serta mempersiapkan langkah-langkah strategis demi kesuksesan semester Genap Tahun Akademik 2023. 

 

Penulis: Salman Farizi

;