febi@uinkhas.ac.id 08123456789

Prof. Dafik Ajak Dosen FEBI UIN KHAS Jember Produktif dalam Publikasi Ilmiah

Home >Berita >Prof. Dafik Ajak Dosen FEBI UIN KHAS Jember Produktif dalam Publikasi Ilmiah
Diposting : Sabtu, 02 Mar 2024, 11:37:21 | Dilihat : 187 kali
Prof. Dafik Ajak Dosen FEBI UIN KHAS Jember Produktif dalam Publikasi Ilmiah


Batu, 2 Februari 2024 - Hari kedua Rapat Kerja Pimpinan (Raker) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Khas Jember menyuguhkan sesi yang inspiratif dengan menghadirkan Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D., seorang akademisi terkemuka dari Universitas Jember. Dalam sesi yang penuh semangat ini, Prof. Dafik membagikan pandangannya tentang penerapan Research-Based Learning dalam menciptakan penelitian berkualitas tinggi yang layak dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Sesi ini dimoderatori oleh Fauzinuddin Faiz, M,H, Dosen FEBI UIN KHAS Jember.

Dalam memulai presentasinya, Prof. Dafik menekankan pentingnya konsistensi dalam menulis. " You are what you write," ujarnya. Dosen-dosen dinilai dari karya tulis mereka, dan sebagai contoh nyata, Prof. Dafik membawa serta buku-buku karyanya yang telah terbit. Ia menekankan bahwa salah satu upaya terbaik dalam dunia akademis adalah melalui penelitian dan membimbing mahasiswa.

Proses submit sebuah karya ilmiah membutuhkan ketelatenan dan keistiqomahan. Prof. Dafik membagikan tips-tips penting dalam melakukan penelitian yang efektif, memberikan wawasan tentang strategi dan pendekatan yang dapat meningkatkan kualitas penelitian. Pelibatan mahasiswa dalam proses penelitian dan publikasi sangatlah penting sebagaimana yang diungkapkan “Student Research is My Research”. Strugling yang paling bagus adalah meneliti dan membimbing mahasiswa.

Dalam pernyataan penutupnya, Prof. Dafik menggarisbawahi pentingnya pembentukan Research Group (RG). Ia mengatakan bahwa dukungan dari rekan sejawat dan fakultas sangatlah penting, dan bahwa apresiasi dan motivasi adalah kunci dalam proses penelitian. Prof. Dafik menekankan bahwa meskipun dukungan finansial adalah hal yang diharapkan, namun apresiasi tidak selalu harus berbentuk materi. Kata-kata semangat dan dukungan moral pun memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan motivasi kepada para peneliti.

Materi yang yang disampaikan oleh Prof. Dafik ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga memotivasi dosen-dosen FEBI UIN Khas Jember untuk terus berprestasi dan produktif dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi. Semangat untuk terus berkontribusi dalam dunia penelitian dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat pun semakin berkobar di antara para peserta Raker ini.

;