febi@uinkhas.ac.id 08123456789

PRODI MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF FEBI ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL, MEMAHAMI DINAMIKA RESEARCH IN ISLAMIC PHILANTHROPY

Home >Berita >PRODI MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF FEBI ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL, MEMAHAMI DINAMIKA RESEARCH IN ISLAMIC PHILANTHROPY
Diposting : Selasa, 05 Mar 2024, 16:11:28 | Dilihat : 185 kali
PRODI MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF FEBI ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL, MEMAHAMI DINAMIKA RESEARCH IN ISLAMIC PHILANTHROPY


Pada hari Selasa, 05 Maret 2024, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, bekerja sama dengan Peneleh Research Institute, menggelar Seminar Internasional dengan tema "Trends in The Development of Knowledge and Scientific Work on Waqf Zakat Management". Acara ini menjadi forum diskusi penting mengenai tren terkini dalam pengelolaan zakat dan wakaf, yang merupakan aspek penting dalam kehidupan ekonomi dan sosial umat Islam. Seminar ini sejalan dengan Panca Cita FEBI UIN KHAS Jember nomer dua yaitu Internasionalisasi tri dharma Perguruan Tinggi.

Dalam acara yang diadakan di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), pembicara utama adalah Dr. Ari Kamayanti dari Peneleh Research Institute, yang juga merupakan Dosen Politeknik Negeri Malang, dan Assoc. Professor Dr. Mohd Shukri Hanapi, seorang Dosen senior di Centre for Islamic Development Management Studies (ISDEV), Universiti Sains Malaysia. Kehadiran kedua pembicara ini memberikan wawasan yang berharga dalam bidang manajemen zakat dan wakaf.

Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, memberikan sambutan serta membuka acara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara berskala internasional ini dan mengapresiasi kesediaan para pembicara untuk berbagi pengetahuan mereka. Dr. Fauzan juga menekankan pentingnya zakat sebagai instrumen untuk mencapai keadilan sosial dan pemberdayaan masyarakat, serta menyoroti bahwa seminar ini dapat membuka peluang untuk pendekatan inovatif dalam ilmu zakat dan wakaf.

Koordinator Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Aminatus Zahriyah, M.Si., berharap bahwa seminar internasional ini dapat membuka wawasan dan minat mahasiswa terhadap tema-tema zakat dan wakaf. Ia juga menyoroti pentingnya penelitian tentang wakaf, yang masih belum banyak diteliti oleh mahasiswa meskipun memiliki peran yang sama pentingnya dengan zakat.

Acara seminar ini dihadiri oleh Mahasiswa dan Dosen dari Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, serta dari lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Kegiatan ini juga diselenggarakan secara hybrid melalui platform telekonferensi, memungkinkan partisipasi yang lebih luas dari berbagai lokasi.

Seminar ini berjalan lancar dan antusiasme peserta terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Melalui acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperluas pemahaman dan penelitian tentang zakat dan wakaf di kalangan akademisi dan masyarakat umum.

;