febi@uinkhas.ac.id 08123456789

PRODI AKUNTANSI SYARIAH UIN KHAS JEMBER JALANI ASESMEN LAPANGAN

Home >Berita >PRODI AKUNTANSI SYARIAH UIN KHAS JEMBER JALANI ASESMEN LAPANGAN
Diposting : Selasa, 09 Jul 2024, 13:58:28 | Dilihat : 148 kali
PRODI AKUNTANSI SYARIAH UIN KHAS JEMBER JALANI ASESMEN LAPANGAN


Jember, 9 Juli 2024 – Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menjalani Asesmen Lapangan (AL) dalam rangka reakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis & Akuntansi (LAMEMBA). Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari, pada 9-10 Juli 2024 ini kedatangan dua asesor: Dr. Fachruzzaman, S.E., MDM., Ak. Asean CPA dari Universitas Bengkulu dan Dr. Wahab, M.M. dari UIN Walisongo Semarang.

Acara berlangsung di Aula FEBI lantai 3 dan diawali dengan opening ceremony pada pukul 08.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN KHAS, Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag., M.Si. yang mewakili Rektor, serta jajaran Dekanat FEBI UIN KHAS, Dosen tetap prodi Akuntansi Syariah, dan tim pengelola FEBI.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI Dr. H. Ubaidillah, M.Ag., menyampaikan selamat datang kepada para tamu kehormatan FEBI yaitu asesor. Ia menekankan bahwa asesmen ini bukan untuk mencari kesalahan tetapi untuk kebaikan bersama, dengan harapan kegiatan ini memberikan keberkahan kepada FEBI. Dekan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang hadir. 

Wakil Rektor I, Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag., M.Si., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para asesor dan menegaskan bahwa jajaran pimpinan memberikan dukungan penuh terhadap proses AL ini. Ia menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak untuk memastikan prodi Akuntansi Syariah mencapai predikat unggul, yang bertujuan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Proses AL diharapkan memberikan gambaran objektif tentang keunggulan dan kekurangan prodi, sehingga dapat menjadi panduan strategis untuk peningkatan mutu.

Dr. Fachruzzaman, S.E., MDM., Ak. Asean CPA, sebagai asesor I, menekannya batasan wewenang asesor, keputusan tentang peringkat adalah wewenang LAMEMBA. Ia juga menambahkan bahwa kunci untuk menjadi unggul adalah internasionalisasi. Dr. Wahab, M.M., asesor II, menambahkan, tujuan kedatangan mereka bukan untuk mencari kesalahan tetapi untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar di prodi Akuntansi Syariah berjalan dengan baik. Ia juga mengingatkan pentingnya kelengkapan data, salah satunya data sitasi.

Opening ceremony ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kajur Ekonomi Islam, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I., yang baru saja selesai melaksanakan ibadah haji.
Kegiatan asesmen ini merupakan proses penting bagi Prodi Akuntansi Syariah UIN KHAS Jember dalam upaya peningkatan kualitas tridharma yang berkelanjutan untuk melahirkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di kancah nasional maupun internasional.

;