febi@uinkhas.ac.id 08123456789

PERSIAPKAN ENTREPRENEUR MUSLIM BERDAYA SAING GLOBAL, FEBI ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL

Home >Berita >PERSIAPKAN ENTREPRENEUR MUSLIM BERDAYA SAING GLOBAL, FEBI ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL
Diposting : Senin, 19 Jun 2023, 08:18:23 | Dilihat : 575 kali
PERSIAPKAN ENTREPRENEUR MUSLIM BERDAYA SAING GLOBAL, FEBI ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL


Jumat, 16 Juni 2023 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember mengadakan Internasional Seminar. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid ini mengangkat tema The Global Trade: Opportunities and Challenges for Muslim Entrepreneurs. Pada seminar internasional ini seluruh peserta baik mahasiswa maupun masyarakat umum diberi kesempatan untuk belajar dan mendengar secara langsung ilmu dan pengalaman seputar peluang dan tantangan menjadi seorang pengusaha yang mendunia dari Founder Indonesian Muslim Entrepreneurs Association dan Pengusaha yang juga Alumni FEBI dari Thailand owner Chansawang Khok Pho.

Banyak tantangan yang harus dihadapi pengusaha di era perdagangan global ini, namun di samping itu juga ada peluang untuk meningkatkan perdagangan dan skala pasar yang lebih luas. Demi melihat peluang dan tantangan secara lebih jelas perlu adanya business plan, analisis isu dan cara mengelola risiko.

Dekan FEBI UIN KHAS Jember Dr. Khamdan Rifa'i, S.E., M.Si. dalam sambutannya berharap "Seminar internasional yang dilaksanakan pada hari ini dapat menginspirasi mahasiswa untuk selalu semangat mengejar cita-cita menjadi entrepreneur, melalui seminar internasional ini juga Dekan berharap dapat mendorong daya saing yang bernilai bagi misi mencapai akreditasi maksimal".

Dalam kesempatan ini pemateri pertama yaitu Bapak Markus founder Indonesian Muslim Entrepreneurs Association menekankan pentingnya mindset untuk menjadi pengusaha. "Mindset adalah pola pikir yang dapat mempengaruhi seseorang dalam menjalankan kegiatan mereka, untuk menjadi pengusaha yang sukses, maka perlu membangun mindset yang luar biasa dan memiliki persiapan yang matang". Beliau juga menyampaikan "untuk memiliki mindset enterpreneur yang perlu dilakukan adalah membaca, lalu menganalisis isu, terbuka dan persuasif, memaknai kegagalan secara positif, bersikap produktif alih-alih sekedar sibuk".

Dari pemateri pertama dilanjutkan oleh pemateri kedua yang merupakan alumni FEBI dari Thailand, Helmee Yeeyusoh yang sudah memiliki usaha tour guide untuk wisatawan dari Thailand sejak ia masih menjadi mahasiswa. Saat ini ia merambah ke bisnis kosmetik dengan nama Chansawang Khok Pho di Thailand. Ia adalah sosok inspirasi bagi mahasiswa untuk menjadi Entrepreneurship. Menurutnya rasa takut yang berlebihan dalam memulai usaha haruslah dihilangkan. (Lisa & Ahmad)

;