febi@uinkhas.ac.id 08123456789

Peningkatan Mutu Kelembagaan: Teknik Penulisan Buku Teks dan Startegi Merespon Reviewer

Home >Berita >Peningkatan Mutu Kelembagaan: Teknik Penulisan Buku Teks dan Startegi Merespon Reviewer
Diposting : Senin, 18 Oct 2021, 13:05:56 | Dilihat : 437 kali
Peningkatan Mutu Kelembagaan: Teknik Penulisan Buku Teks dan Startegi Merespon Reviewer


Kamis, 14 Oktober 2021 masih dalam rangkaian peningkatan mutu kelembagaan, kali ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menyelenggarakan kegiatan yang berfokus pada penulisan buku teks. Kegiatan tersebut bertajuk “Teknik Penulisan Buku Teks dan Startegi Merespon Reviewer” yang diselenggarakan di Aula FEBI dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan.

Tugas FEBI sebagai lembaga Pendidikan tinggi tidak bisa dilepaskan dari tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Pendidikan selain dalam bentuk perkuliahan juga dapat melalui buku teks yang dapat dijadikan media belajar secara mandiri di mana pun mahasiswa berada. Olehkarena itu teknik menulis dan menyusun buku teks penting untuk dikuasai oleh Dosen di lingkungan FEBI demi meningkatkan mutu Pendidikan.    

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini yaitu Drs. Himawan Bayu Patriadi, M.A., Ph.D. dan Suyani Indrastuti, Ph.D Dosen FISIP UNEJ. Materi pertama dimulai dengan lontaran pertanyaan dari Bapak Himawan “menulis itu mudah atau sulit?” dan mayoritas peserta menjawab “sulit”. Menurut beliau hal ini karena berargumen belum menjadi budaya di masyarakat kita, sedangkan argumen adalah dasar dalam menulis. Pemateri kedua, Ibu Suyani melanjutkan dengan membahas langkah awal menulis buku yaitu menyusun Book Proposal serta berbagi tips menulis buku dan merespon reviewer.

;