febi@uinkhas.ac.id 08123456789

Peningkatan Mutu Kelembagaan: Strategi Menembus Jurnal dan Sitasi

Home >Berita >Peningkatan Mutu Kelembagaan: Strategi Menembus Jurnal dan Sitasi
Diposting : Senin, 18 Oct 2021, 12:14:04 | Dilihat : 410 kali
Peningkatan Mutu Kelembagaan: Strategi Menembus Jurnal dan Sitasi


Tridharma perguruan tinggi adalah amanah yang terus diupayakan dan dijalankan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Salah satu bagian dari Tridharma perguruan tinggi adalah penelitian. Agar menghasilkan penelitian yang berkualitas serta dapat bermanfaat bagi khalayak luas maka diperlukan publikasi di Jurnal yang terakreditasi baik. Olehkarena itu dalam rangka memotivasi dan mengedukasi Dosen di lingkungan FEBI agar memahami strategi menembus publikasi pada Jurnal terakreditasi, maka pada Rabu, 13 Oktober 2021 FEBI kembali menyelenggarakan kegiatan peningkatan mutu kelembagaan bertajuk “Strategi Menembus Jurnal dan Sitasi”.

Pemateri yang dihadirkan yaitu Drs. Abu Bakar Eby Hara, M.A., Ph.D. dan Agus Trihartono, S.Sos., Ph.D keduanya merupakan Dosen di Fisip Universitas Jember (UNEJ) yang memiliki banyak pengalaman dalam penelitian dan publikasi pada jurnal internasional. Adapun materi yang dibawakan antara lain terkait teknis-teknis menulis jurnal yang berkualitas seperti mencari referensi yang tepat, contoh-contoh jurnal berkualitas, serta strategi-strategi untuk menembus publikasi jurnal internasional. Pemateri juga berbagi pengalaman saat proses submit jurnal, penyebab artikel ditolak yang salah satunya karena aspek kemampuan Bahasa Inggris dan pengalaman lainya.

Wakil Dekan FEBI bidang Akademik dalam sambutannya berharap agar seluruh peserta dapat memanfaatkan momen tersebut untuk menyerap informasi dan ilmu sebanyak-banyaknya. Sehingga ke depan para Dosen FEBI dapat meningkatkan produktifitas penelitian dan menembus publikasi pada Jurnal terakreditasi.

;