febi@uinkhas.ac.id 08123456789

PENGABDIAN MASYARAKAT DI BRUNEI: FEBI UIN KHAS KERJASAMA DENGAN PERMAI

Home >Berita >PENGABDIAN MASYARAKAT DI BRUNEI: FEBI UIN KHAS KERJASAMA DENGAN PERMAI
Diposting : Kamis, 05 Sep 2024, 11:52:20 | Dilihat : 102 kali
PENGABDIAN MASYARAKAT DI BRUNEI: FEBI UIN KHAS KERJASAMA DENGAN PERMAI


Bandar Seri Begawan, 5 September 2024

Dalam rangka mewujudkan visi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) menjadi institusi pendidikan tinggi Islam terkemuka di Asia Tenggara pada 2045 dengan pengetahuan mendalam berbasis kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban, serta untuk mewujudkan visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS yang unggul dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam berbasis nilai-nilai kearifan lokal di tingkat Asia Tenggara pada 2035, FEBI UIN KHAS selama 2-6 September 2024 melaksanakan “International Rihlah of FEBI UIN KHAS: ‘Tridharma’ Collaboration in Brunei Darussalam 2024”.

Pada hari keempat lawatan rihlah internasional FEBI UIN KHAS di Brunei, Delegasi FEBI teragendakan untuk melakukan pengabdian masyarakat bersama Perhimpunan Masyarakat Indonesia di Brunei (PERMAI). Pertemuan yang semula direncanakan berlangsung pada hari Kamis pagi, kemudian berubah menjadi Kamis malam, hingga pada akhirnya disepakati untuk direalisasikan pada hari Rabu malam dengan bergabung dalam Safari PERMAI Bersalawat di Masjid Ar-Rahman, Kampung Tanjung Bunut.

Dalam kesempatan tersebut, Delegasi FEBI UIN KHAS berbaur dengan komunitas PERMAI yang selama 12 hari berturut-turut menyelenggarakan salawatan dengan berpindah-pindah masjid di Brunei Darussalam. Pada hari pertama Safari PERMAI Bersalawat bertempat di Masjid Ar-Rahman, Kampung Tanjung Bunut. Usai acara salawatan, Presiden PERMAI saling bertukar cendera mata dengan Rektor UIN KHAS. Rektor UIN KHAS mendapat kalungan syal Palestina dari Presiden PERMAI.

Selanjutnya, Delegasi UIN KHAS melakukan dialog dengan Presiden PERMAI yang didampingi pula oleh K.H. Ahmad Dhofir, Ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Brunei Darussalam, yang baru saja mengakhiri jabatannya yang kemudian diganti dengan Ustaz Ahmad Faih. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Prof. Dr. Mohammad Nabil Almunawar dari Universiti Brunei Darussalam School of Business and Economics (UBDSBE). Beliau yang semula hendak menghadiri UBDSBE Weekly Seminar untuk bertemu Delegasi FEBI UIN KHAS, akhirnya ikut bergabung dalam forum dialog usai kegiatan Safari PERMAI Bersalawat.

Dalam kesempatan tersebut, terbangun kesepakatan-kesepakatan kolaborasi pengabdian masyarakat dengan PERMAI serta kesepakatan-kesepakatan forum ilmiah terkait publikasi dengan Prof. Dr. Mohammad Nabil Almunawar ke depan sebagai ikhtiar untuk mewujudkan Dasa Cita UIN KHAS dan Panca Cita FEBI UIN KHAS. Prof. Dr. Mohammad Nabil Almunawar yang memiliki 110 tulisan terindeks Scopus ini adalah mantan Dekan UBDSBE dan pada 2022 memperoleh Honor Award Teacher’s Day pada 2022 yang diberikan langsung oleh Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah. -IO FEBI UIN KHAS

;