febi@uinkhas.ac.id 08123456789

HARI KEDUA PBAK, 625 MAHASISWA FEBI DIAJAK LEBIH MENGENAL FAKULTASNYA

Home >Berita >HARI KEDUA PBAK, 625 MAHASISWA FEBI DIAJAK LEBIH MENGENAL FAKULTASNYA
Diposting : Selasa, 22 Aug 2023, 14:59:44 | Dilihat : 283 kali
HARI KEDUA PBAK, 625 MAHASISWA FEBI DIAJAK LEBIH MENGENAL FAKULTASNYA


Senin 21 Agustus 2023 kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 secara resmi dibuka melalui Sidang Senat terbuka UIN Kiai Haji achmad Siddiq Jember. Kegiatan dengan tema “Reaktualisasi Moderasi Beragama dan Budaya Sebagai Perwujudan Nilai-Nilai Dalam Menjaga Keutuhan Negara” diselenggarakan selama empat hari 21-24 Agustus 2023. Tema tersebut mengusung misi bahwa kegiatan PBAK ini tidak sekedar mengenalkan atmosfer dunia perkuliahan kepada mahasiswa tetapi juga untuk kembali menguatkan nilai-nilai moderasi beragama dan budaya kepada mahasiswa baru. Karena generasi merekalah yang akan memimpin Indonesia di masa depan sesuai visi Indonesia emas 2045.

Pada hari pertama seluruh Peserta PBAK yang terdiri dari mahasiswa baru kelima Fakultas (FEBI, FTIK, FUAH, Syariah, dan Dakwah) diajak mengikuti Sidang Senat Terbuka sebagai opening ceremony yang diadakan di lapangan UIN Kiai UIN Kiai Haji achmad Siddiq. Berlangsung sejak pukul 07.00 pagi seluruh peserta secara khidmat mengikuti seluruh rangkaian acara meski di bawah terik sinar matahari yang cukup hangat.

Selasa, 22 Agustus 2023 hari kedua PBAK kegiatan difokuskan pada pengenalan budaya masing-masing Fakultas. Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember kegiatan dimulai dengan apel pagi seluruh Mahasiswa baru bersama jajaran Dekanat, Koodinator Prodi, Perwakilan Dosen serta Ormawa yang ada di lingkungan FEBI. Pada momen tersebut juga dilakukan perkenalan jajaran pimpinan kepada seluruh Mahasiswa baru.

Kegiatan apel dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama FEBI Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I. Dalam amanatnya beliau menekankan tema yang diusung FEBI pada PBAK kali ini yaitu “Aktualisasi Moderasi Beragama dalam Masyarakat Ekonomi Global”. Hal ini mengacu pada dinamika persaingan saat ini yang begitu kompetitif tidak hanya antar sesama Mahasiswa di tingkat kecamatan, provinsi, bahkan nasional melainkan sudah pada persaingan di tingkat dunia. Tidak lupa juga pesan KH. Achmad Siddiq agar rajin membaca Al-Qur'an, membaca shalawat, shalat berjamaah lima waktu, dan tidak dholim kepada orang lain. Apel ditutup dengan pelepasan balon pertanda dimulainya PBAK di tingkat FEBI.

Tidak sampai di situ, kegiatan PBAK kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tata kelola, profil dan sistem layanan akademik kemahasiswaan di Fakultas. Hingga menjelang ishoma seluruh peserta diajak untuk mengikuti istighosah yang dipimpin Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si. (Koordinator Prodi. Manajemen Zakat dan Wakaf) dilanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah. Pada sesi kedua peserta diberikan materi smart learning guna mendukung kesuksesan proses belajar selama menempuh studi di FEBI. Materi-materi tersebut diberikan oleh jajaran pimpinan serta Dosen FEBI.

;