febi@uinkhas.ac.id 08123456789

GELAR TOT PVML SYARIAH, OJK GANDENG FEBI UIN KHAS JEMBER

Home >Berita >GELAR TOT PVML SYARIAH, OJK GANDENG FEBI UIN KHAS JEMBER
Diposting : Kamis, 19 Sep 2024, 10:24:02 | Dilihat : 28 kali
GELAR TOT PVML SYARIAH, OJK GANDENG FEBI UIN KHAS JEMBER


Jember, 19 September 2024 – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember bersama UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) tentang Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya (PVML) Syariah. Acara yang digelar di Hotel Java Lotus Jember ini dihadiri oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dari berbagai perguruan tinggi antara lain:

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Jember
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al Qodiri
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
  5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong
  6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jember.

ToT ini merupakan salah satu langkah OJK untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap layanan keuangan non-bank, khususnya yang berbasis syariah. Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024, indeks literasi keuangan penduduk Indonesia mencapai 65,43%, sementara indeks inklusi keuangan sebesar 75,02%. Temuan ini merefleksikan bahwa banyak masyarakat telah menggunakan layanan keuangan tetapi belum sepenuhnya memahami produknya.

Dekan FEBI, Dr. Ubaidillah, M.Ag. menyampaikan terimakasih atas kerjasama dalam kegiatan ToT ini. Sementara itu, Muhammad Mufid, Kepala OJK Jember, dalam sambutannya menyatakan bahwa Jember, yang dikenal sebagai kota santri, memiliki potensi besar dalam mengembangkan industri PVML syariah. Dengan letaknya yang strategis di kawasan Tapal Kuda, Jember dan lima kabupaten di sekitarnya memiliki potensi besar untuk memajukan keuangan syariah.

ToT ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta, sehingga dapat berperan aktif dalam menyebarluaskan literasi keuangan syariah kepada masyarakat luas yang dimulai dari lingkungan kampus.

;