febi@uinkhas.ac.id 08123456789

FEBI UIN KHAS JEMBER WARNAI RAMADAN DENGAN WEBINAR INTERNASIONAL

Home >Berita >FEBI UIN KHAS JEMBER WARNAI RAMADAN DENGAN WEBINAR INTERNASIONAL
Diposting : Rabu, 03 Apr 2024, 15:04:23 | Dilihat : 109 kali
FEBI UIN KHAS JEMBER WARNAI RAMADAN DENGAN WEBINAR INTERNASIONAL


Setelah sukses dengan International Guest Lecture of FEBI UIN KHAS pada 14 Maret 2024 lalu yang menghadirkan pembicara dari UBD School of Business and Economics (UBDSBE) Universiti Brunei Darussalam untuk mengisi perkuliahan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS), berikutnya, kolaborasi antara UBDSBE Universiti Brunei Darussalam dan FEBI UIN KHAS menghadirkan UBDSBE Webinar berjudul "Disseminating A Field Experiment of Islamic Nanofinance Project: Understanding the Behaviour of Ultra-Micro Society through Qardhul Hassan Financing in Indonesia".

Kali ini, sebagai bentuk anjang sana, tiga Dosen FEBI UIN KHAS berkesempatan untuk menyajikan hasil risetnya dalam forum daring melalui platform Zoom pada hari Rabu, 3 April 2024, pukul 11 WIB dan dihadiri oleh 100 peserta baik dari Indonesia dan Brunei. Dalam webinar ini, tiga Dosen UIN KHAS, yakni Dr. Khairunnisa Musari, S.T., M.MT., Nur Alifah Fajariyah, S.E., MSA., dan Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd., menyampaikan pengalaman eksperimen “Nanofinance Project” di Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Webinar yang disampaikan secara penuh dalam bahasa Inggris ini cukup mengundang antusias peserta. Hal ini tercermin dari sesi tanya-jawab selama 30 menit yang penuh dengan pertanyaan, terutama pertanyaan dari peserta asal Brunei Darussalam. Termasuk, jumlah partisipan yang hadir yang konsisten berada pada rentang 90-100 peserta hingga akhir acara.

Di penghujung, Dekan FEBI UIN KHAS, Dr. H. Ubaidillah, M.Ag., menyampaikan terima kasih kepada Assoc. Prof. Dr. Muhamad Abduh dari UBDSBE Universiti Brunei Darussalam yang kali ini bertindak sebagai moderator, serta mengapresiasi ketiga Dosen UIN KHAS yang telah memaparkan hasil riset mereka. Kolaborasi internasional ini diharapkan dapat membawa manfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam konteks ekonomi dan keuangan syariah pada ruang lingkup Asia Tenggara.

Sebagai informasi, kegiatan UBDSBE Webinar ini adalah bagian dari rangkaian “Engagement Program of FEBI UIN KHAS with Brunei Darussalam 2024”. Dalam rangka mewujudkan visi UIN KHAS menjadi institusi pendidikan tinggi Islam terkemuka di Asia Tenggara pada 2045 dengan pengetahuan mendalam berbasis kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban, serta untuk mewujudkan visi FEBI UIN KHAS yang unggul dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam berbasis nilai-nilai kearifan lokal di tingkat Asia Tenggara pada 2035, maka diperlukan kerjasama dan kolaborasi antara UIN KHAS dan FEBI UIN KHAS dengan institusi pendidikan tinggi di wilayah Asia Tenggara.

Pada tahun 2024, dalam rangka mewujudkan Panca Cita FEBI untuk internasionalisasi lembaga, FEBI UIN KHAS akan fokus pada Brunei Darussalam untuk memperluas jaringan lembaga institusi pendidikan tinggi melalui penguatan kerjasama dan kolaborasi pada bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat pada bidang ekonomi dan bisnis Islam. Salah satu perguruan tinggi yang ditarget adalah Universiti Brunei Darussalam yang pada 2021 menempati peringkat ke- 254 di dunia berdasarkan QS World University Rankings.

Sebelumnya, pada 5 Februari 2024, telah diselenggarakan 1st Exploratory Meeting for Cooperation and Collaboration FEBI UIN KHAS and UBDSBE Universiti Brunei Darussalam yang mempertemukan Dekanat FEBI UIN KHAS dan Dekanat UBDSBE Universiti Brunei Darussalam. Berangkat dari pertemuan tersebutlah, kemudian berwujud kolaborasi International Guest Lecture of FEBI UIN KHAS pada 14 Maret 2024 dengan pembicara Assoc. Prof. Dr. Muhamad Abduh, Programme Coordinator of Master of Islamic Finance, UBDSBE Universiti Brunei Darussalam, dan UBDSBE Webinar yang menghadirkan tiga Dosen FEBI UIN KHAS.

;