febi@uinkhas.ac.id 08123456789

FEBI UIN JEMBER GELAR WEBINAR BERSAMA UBDSBE: LANGKAH KONKRET CAPAI TIGA DASACITA REKTOR

Home >Berita >FEBI UIN JEMBER GELAR WEBINAR BERSAMA UBDSBE: LANGKAH KONKRET CAPAI TIGA DASACITA REKTOR
Diposting : Rabu, 08 May 2024, 18:24:00 | Dilihat : 78 kali
FEBI UIN JEMBER GELAR WEBINAR BERSAMA UBDSBE: LANGKAH KONKRET CAPAI TIGA DASACITA REKTOR


Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) kembali menunjukkan komitmennya pada kolaborasi lintas negara dengan menggelar Webinar Internasional bertajuk "Zakatnomics: Empowering Communities in Indonesia" dengan menghadirkan Wakil Dekan 1 FEBI UIN KHAS, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si., dan Wakil Dekan 3 FEBI UIN KHAS, Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si. Keduanya membahas Zakatnomics, sebuah model manajemen zakat, infak, dan sedekah untuk meningkatkan produktivitas ekonomi, dengan fokus pada tiga area utama: strategi komunitas, pengembangan produksi, dan strategi pemasaran.

Sejak Februari hingga Mei 2024, setiap bulan FEBI UIN KHAS menyelenggarakan kegiatan kolaborasi dengan Universiti Brunei Darussalam School of Business and Economics (UBDSBE). Sebagai informasi, UBD pada 2021 menempati peringkat 254 di dunia berdasarkan QS World University Rankings. Kegiatan ini adalah wujud komitmen FEBI mewujudkan tiga dari Dasacita Rektor UIN KHAS, yaitu: Dasacita 2 (Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul dan Akreditasi Internasional), Dasacita 5 (Peningkatan Mutu SDM dan Kelembagaan), dan Dasacita 7 (Rekognisi Nasional dan Internasional bagi Dosen, Mahasiswa, dan Institusi).

Selain itu, tentunya kegiatan internasionalisasi FEBI ini juga dalam rangka mewujudkan visi UIN KHAS menjadi institusi pendidikan tinggi Islam terkemuka di Asia Tenggara pada 2045 dan FEBI UIN KHAS yang unggul dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam berbasis nilai-nilai kearifan lokal di tingkat Asia Tenggara pada 2035. Pada tahun 2024, dalam rangka mewujudkan Panca Cita FEBI untuk internasionalisasi lembaga, FEBI UIN KHAS akan fokus pada Brunei Darussalam untuk memperluas jaringan lembaga institusi pendidikan tinggi melalui penguatan kerjasama dan kolaborasi pada bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang ekonomi dan bisnis Islam.   

Webinar hari ini dimoderatori oleh Assist. Prof. Dr. Siti Fatimahwati Pehin Dato Hj. Musa dari UBDSBE. Alumni Bradford University dan Newcastle University, United Kingdom (UK), ini memandu jalannya diskusi. Seluruh peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti webinar ini dan mengajukan berbagai pertanyaan.

Melalui webinar dengan tajuk Zakatnomics di Indonesia ini diharapkan memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui zakat, infak dan sedekah dari pengalaman Indonesia. Hak ini tentunya tidak sekedar menjadi media literasi dan edukasi bagi mahasiswa, tetapi juga bagian dari upaya mempromosikan pengalaman Indonesia dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

;