febi@uinkhas.ac.id 08123456789

FEBI Jembatani Kerjasama UIN KHAS dengan Asosiasi Keuangan Syariah Iran

Home >Berita >FEBI Jembatani Kerjasama UIN KHAS dengan Asosiasi Keuangan Syariah Iran
Diposting : Selasa, 17 Sep 2024, 20:37:28 | Dilihat : 74 kali
FEBI Jembatani Kerjasama UIN KHAS dengan Asosiasi Keuangan Syariah Iran


Dalam rangka mewujudkan visi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) 2045 menjadi institusi pendidikan tinggi Islam terkemuka di Asia Tenggara pada 2045 dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS yang unggul dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam berbasis nilai-nilai kearifan lokal di tingkat Asia Tenggara pada 2035, FEBI UIN KHAS tidak hanya memperkuat jaringan di wilayah Asia Tenggara saja. FEBI UIN KHAS berhasil menjembatani untuk dilakukannya penandatanganan antara Asosiasi Keuangan Syariah Iran atau The Iranian Association of Islamic Finance (IAIF) dengan UIN KHAS.

Naskah nota kesepahaman antara IAIF dan UIN KHAS ditandatangani oleh Secretary-General of IAIF, Amir Yousefi Moghadam, pada 28 Agustus 2024 lalu, dan Rektor UIN KHAS, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M. Menindaklanjuti kerjasama ini, tidak lama lagi akan diselenggarakan kegiatan bersama dan FEBI akan mengirimkan perwakilan untuk turut berpartisipasi menjadi pembicara dalam perhelatan yang diselenggarakan oleh IAIF bersama stakeholder keuangan syariah Iran lainnya.

Sebagai informasi, sejumlah akademisi dan praktisi keuangan syariah ternama dunia juga banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan bersama IAIF. Setidaknya yang masuk dalam International Forum Committee (IFC) IAIF diantaranya adalah Dr. Hussain Mohi-ud-Din Qadri, Deputy Chairman of the Board of Governors of the Minhaj University, Lahore (MUL), lalu Prof. Dr. Aishath Muneeza, Associate Dean for Students and Internationalisation pada INCEIF University, Malaysia, yang juga tercatat berpengalaman di Maldives menjadi Deputy Minister of the Ministry of Islamic Affairs, Deputy Minister of the Ministry of Finance and Treasury, serta Head of Islamic Finance at the Capital Market Development Authority.

Dari Indonesia, sekaligus Dosen FEBI UIN KHAS, termasuk salah satu anggota IFC IAIF, yaitu Dr. Khairunnisa Musari. Dalam kapasitasnya sebagai anggota IFC IAIF, pada akhir November 2023 lalu, ia berkesempatan untuk datang langsung ke Tehran untuk menjadi Panelis dalam the 15th International Conference on Research in Islamic Capital Markets “Developing Islamic Capital Market to Converge Ummah” atas undangan otoritas jasa keuangan setempat, yaitu the Securities and Exchange Organization of Iran (SEO). Saat ini, sebagai Koordinator Kantor Internasional FEBI UIN KHAS, kunjungannya saat itu menjadi jembatan untuk menjalinkan hubungan kerjasama antara IAIF dan UIN KHAS.

©IO FEBI UIN KHAS, 2024

;