febi@uinkhas.ac.id 08123456789

FEBI ADAKAN TIGA AGENDA DALAM SATU ACARA SEMINAR NASIONAL

Home >Berita >FEBI ADAKAN TIGA AGENDA DALAM SATU ACARA SEMINAR NASIONAL
Diposting : Selasa, 19 Apr 2022, 16:29:25 | Dilihat : 288 kali
FEBI ADAKAN TIGA AGENDA DALAM SATU ACARA SEMINAR NASIONAL


Jember, 19 April 2022. Bak peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, FEBI UIN KHAS adakan pelantikan, penandatangan kerjasama, dan seminar nasional sekaligus. Di bulan suci ramadhan ini tidak menyurutkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember untuk terus bergerak mengadakan berbagai kegiatan positif. Kali ini FEBI kembali menyelenggarakan Seminar Nasional hybrid dengan tema “Menakar Peluang Dan Tantangan Implementasi Blockchain Dan Eksistensi Asosaiasi Profesi Dalam Mendukung Indonesia 2024 Sebagai Pusat Produsen Halal Global Serta Pusat Ekonomi Dan Keuangan Syariah Dunia”. Secara luring kegiatan ini bertempat di Aula FEBI lt. 3 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sedangkan peserta daring melalui aplikasi Zoom meeting dan juga streaming Youtube.

Berbeda dengan Seminar Nasional sebelumnya, pada kesempatan ini juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) komisariat UIN KHAS masa bakti 2022-2026. Sebagai Ketua Dewan Penasehat adalah Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Babun Suharto, M.M. Lalu Dekan FEBI Dr. Khamdan Rifa’I, M.Si. sebagai Ketua Dewan Syariah dan Ketua Dewan Pengurus Harian adalah Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, M.Si. yang juga sebagai Wakil Dekan FEBI bidang Akademik. Pelantikan dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Raditya Sukmana, M.A. Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan DPP IAEI.

Selain pelantikan dalam kegiatan Seminar Nasional itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama secara simbolis antara FEBI UIN KHAS Jember dengan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS). Kerjasama tersebut dalam bidang dan ruang lingkup yang berkaitan dengan visi dan misi kedua instansi.

Dalam upacara pembukaan Dekan FEBI Dr. Khamdan Rifa’I, M.Si. menekankan adanya keprihatinan atas industri halal yang justru didominasi oleh Negara-negara yang berpenduduk muslim sedikit, Indonesia dengan penduduk muslim terbesar justru hanya menjadi market. Beliau berharap melalui seminar ini dapat mencerahkan mahasiswa khususnya dan masyarakat secara umum tentang apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana sebaiknya kita bersikap.  

Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag. yang juga turut hadir menyampaikan terimakasih kepada FEBI yang telah menyelenggarakan kegiatan yang insyaallah bermanfaat. Saat ini kita menghadapi tantangan berat. Bank Syariah meskipun pertumbuhannya pesat tetapi masih belum sebanding dengan Bank Konvensional dengan asset jumbo. Beliau mengingatkan pentingnya untuk berkontribusi mendukung ekonomi syariah salah satunya melalui Perbankan Syariah. Karena kalau bukan kita siapa lagi.

Pembicara dalam Seminar Nasional ini antara lain Dr. Sutan Emir HIdayat (Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS) dengan materi mula-mula perkenalan tentang KNEKS lalu penerapan blockchain dalam industri halal. Pembicara selanjutnya adalah Prof. Dr. Raditya Sukmana, M.A. (Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan DPP IAEI). Beliau banyak memberikan ide-ide baru yang menarik tentang penerapan wakaf serta bagaimana pengoptimalannya agar bermanfaat bagi banyak orang. (Mutmainnah & Kurniawan)

;