febi@uinkhas.ac.id 08123456789

Custom Tour "Explore the Customs Universe" di Jember Membuka Cakrawala Bea Cukai

Home >Berita >Custom Tour "Explore the Customs Universe" di Jember Membuka Cakrawala Bea Cukai
Diposting : Kamis, 29 Feb 2024, 21:03:20 | Dilihat : 211 kali
Custom Tour "Explore the Customs Universe" di Jember Membuka Cakrawala Bea Cukai


Jember, 29 Februari 2024 – Dalam upaya mendekatkan masyarakat dengan dunia bea cukai, Custom Tour Zebra Cukai Jember dengan tema "Explore the Customs Universe" sukses digelar. Sejumlah finalis  dari Essay Competition dan Peserta MBKM turut meramaikan kegiatan ini, termasuk dua mahasiswa dari UIN Khas Jember, Muhammad Korib Hamdani dan Warga Baroka Sugiarto. Keduanya berhasil mencapai peringkat 10 besar, dengan Warga Baroka Sugiarto meraih posisi juara 3 dalam kompetisi tersebut. Hal ini menandakan bahwa mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember tidak bisa di pandang "remeh" karena bisa berkompetisi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi yang lain di wilayah tapal kuda khususnya dan Indonesia secara umum bahkan juga dua mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember ini seringkali ikut kompetisi di tingkat Internasional.

Pada kesempatan tersebut Bapak Sardianto, Kepala Seksi Kepatuhan Bea Cukai, menjelaskan tujuan kegiatan ini sebagai bentuk pendekatan langsung kepada masyarakat di Tapal Kuda, khususnya Jember. "Kami ingin memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai peran penting bea cukai dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Mengangkat tema "Explore the Customs Universe", diharapkan menjadi jendela terbukanya wirausahawan muda dari generasi millenial hingga menambah pendapatan negara melalui barang ekspor. "Sudah banyak UMKM yang dibantu untuk mengekspor barang dan terbukti berhasil konsisten. Kami berharap generasi muda termasuk kalian menjadi salah satu bibit baru pengekspor", ujarnya.

Selain itu, dosen pendamping juga diundang turut hadir pada kegiatan tersebut yang dimaksudkan guna membantu sinergi antara Bea Cukai dengan Universitas bersifat berkelanjutan. Termasuk FEBI UIN KHAS Jember yang di wakili oleh Koordinator Prodi AKS.

Serangkaian acara dimulai dengan penyampaian informasi seputar kegiatan kepabeanan, fungsi, dan proses bisnis bea cukai yang disampaikan langsung oleh Bapak Hendy. Setelah berbincang santai (ishoma), para finalis Essay Competition diajak untuk mengikuti factory tour ke salah satu UMKM di bawah naungan Bea Cukai Jember, yakni PT. Mahkota Tembakau Jaya Abadi.

"Melalui kunjungan ke PT. Mahkota Tembakau Jaya Abadi, para peserta dapat melihat secara langsung proses bisnis yang terkait dengan bea cukai, memperkuat pemahaman mereka tentang peran bea cukai dalam mendukung industri lokal," tambah Bapak Sardianto.

Custom Tour Zebra Cukai Jember tidak hanya menjadi acara edukatif, tetapi juga memberikan peluang berharga bagi peserta untuk memperluas wawasan mereka tentang dunia kepabeanan. Dengan dukungan penuh dari masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan pemahaman kolektif tentang pentingnya peran Bea Cukai di wilayah ini.

Dengan antusiasme peserta dan beragam kegiatan menarik, kegiatan yang berlangsung mulai 08.00-15.00 berhasil menciptakan pengalaman berharga yang tidak hanya edukatif, tetapi juga mempererat hubungan antara mahasiswa, universitas dan Bea Cukai.
by. Lia, zan

;