header-int

TINGKATKAN KESADARAN PAJAK, FEBI UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER GANDENG DJP WILAYAH JATIM III RE

Rabu, 21 Sep 2022, 16:28:43 WIB - 34 View
Share
TINGKATKAN KESADARAN PAJAK, FEBI UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER GANDENG DJP WILAYAH JATIM III RE

Guna meningkatkan kesadaran pajak, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III sukses menggelar acara Ngobrol Bareng Santai (NGOBRAS) dan peresmian Tax Center pada Senin, (19/09/2022). Acara tersebut berlangsung di Gedung GKT lantai 3 UIN KHAS Jember yang dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan bertajuk "Bersama Membangun Generasi Sadar Pajak".

Acara yang dipandu Kak Rahma sebagai host secara khusus menggandeng Siti Rahayu S.E.,M.Si selaku Penyuluh Pajak Ahli Madya sebagai narasumber pada sesi kuliah tamu.

Dengan membawakan dua materi pokok yakni terkait dengan Gen Z Sadar Pajak dan Urgensi Reformasi Stuktural dan Reformasi Fiskal Perpajakan, Rahayu menyampaikan kesadaran pajak dapat dikembangkan sebagai program pendidikan melalui studi inklusi kesadaran pajak.

"Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia tak lepas pengaruh dari sektor pajak. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yakni edukasi pajak melalui studi inklusi kesadaran pajak"ujar Rahayu di hadapan seluruh mahasiswa FEBI.

Guna mengukur tingkat pengetahuan mahasiswa terkait perpajakan, selanjutnya acara diisi dengan pemberian game yang disambut secara antusias oleh mahasiswa. Game yang dapat diakses melalui website Kahot.it berhadiah doorprize bagi tiga orang dengan nilai tertinggi.

Memasuki acara peresmian TAX Center, Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Babun Soeharto M.M, Kakanwil DJP Jawa Timur III Farid Bachtiar, M.Tax dan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman turut hadir memberikan sambutan.

Dalam sambutannya yang dipandu Lidhatul Umamah (Mahasiswa AKS 2020) sebagai MC, Bachtiar mengemukakan Peresmian TAX Center merupakan wujud kerjasama dengan perguruan tinggi terkait penguatan kesadaran pajak di kalangan mahasiswa.

"Peresmian TAX Center di UIN KHAS Jember ini merupakan yang ke 17 dan wujud kerjasama dengan kampus karena melihat peran mahasiswa yang akan menjadi calon penerasi selanjutnya" imbuh Bachtiar selaku Kakanwil DJP Jawa Timur III.

Menjadi suatu kebanggan tersendiri, Kyai Firjaun sampaikan peran serta harapan untuk Tax Center kedepannya.

"Tax Center mempunyai peran penting dalam membentuk karakter masyarakat dan kesadaran generasi-generasi selanjutnya dalam membayar pajak. Mengingat potensi dari mahasiswa UIN KHAS Jember, maka peresmian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi serta manfaat bagi masyarakat Jember" ucapnya.

Masih di tempat yang sama, Prof. Babun serta Bapak Farid Bachtiar melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dan piagam peresmian TAX Center yang kemudia disambut tepuk tangan dari mahasiswa FEBI meramaikan suasana.

Sedangkan, acara Launching Tax Center dilakukan di lantai 1 GKT bersama Wakil Bupati Jember, Rektor UIN KHAS Jember, Kakanwil DJP Jatim III, Wakil Rektor 1, 2 dan 3, Dekan FEBI beserta jajarannya. Dengan demikian Tax Center UIN KHAS Jember resmi dibuka. (Penulis: Warga Baroka Sugiarto, Muhammad Korib Hamdani)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube